5 Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat yang manjur

Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat yang manjur - Bicara mengenai darah tinggi, yang kini pasiennya tak hanya terbatas pada orang tua. Ada banyak cara medis yang bisa dilakukan untuk menormalkan kembali tekanan darah, yaitu dengan cara pemberian obat obatan kimia. Namun jika kondisi tekanan darah tinggi Anda masih tergolong ringan, cobalah secara disiplin menggunakan cara alami dengan mengkonsumsi jus mentimun secara rutin.


1. Mengkonsumsi Ketimun


Ketimun adalah salah satu jenis sayuran yang paling cocok untuk dijadikan lalapan. Tapi, tahukah anda, ternyata ketimun mampu menurunkan tekanan darah tinggi? Kadar mineral potassium yang tinggi berguna untuk mengurangi tekanan darah yang tinggi.

2. Menurunkan berat badan


Secara konsisten beberapa penelitia menunjukkan bahwa, dengan sedikit saja kehilangan berat badan, dapat memilik dampak besar pada tekanan darah Anda. Kerja jantung akan lebih keras pada orang
yang memiliki kelebihan berat badan. Dan hal ini akan mengakibatkan Tekanan ekstra ini lambat laun dapat menyebabkan hipertensi. Sementara itu, dengan memangkas berat badan beban kerja jantung akan jauh lebih ringan.

3. Kurangi konsumsi garam


Orang dengan tekanan darah normal, cukup tinggi, dan hipertensi secara substansial dapat mengurangi tekanan darah mereka dengan cara memotong asupan garam. Dalam pedoman diet merekomendasikan bahwa orang dengan hipertensi harus membatasi asupan garam kurang dari 1.500 miligram (600 miligram sodium) sehari.

3. Mengkonsumsi mengkudu


Buah mengkudu adalah merupakan buah makanan bergizi lengkap. Zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, viamin, dan mineral penting, tersedia dalam jumlah cukup pada buah dan daun mengkudu. Selenium, adalah salah satu mineral yang terdapat pada mengkudu merupakan antioksidan yang luar biasa.

4. Melakukan Yoga


Yoga adalah cara terbaik untuk mengatasi stres. Ada sebuah studi baru di India menemukan
bahwa latihan pernapasan yoga mengurangi tekanan darah pada orang dengan hipertensi – di mana bekerja mempengaruhi efek sistem saraf otonom – dengan mengatur denyut jantung, pencernaan, dan fungsi lainnya.

5. Jangan merokok


Nikotin yang terkandung di dalam rokok akan merangsang tubuh untuk memproduksi adrenalin. Adrenalin ini akan membuat jantung Anda berdetak lebih cepat dan membuatnya bekerja keras.

Kandungan tembakau dan nikotin yang ada didalam rokok bisa mengakibatkan lonjakan tekanan darah sementara, meskipun rokok itu sendiri bukan penyebab tunggal hipertensi kronis. Dengan berhenti merokok dapa membantu Anda menurunkan sedikit tekanan darah Anda.


Sekian artikel mengenai cara menurunkan tekanan darah tinggi tanp obat yang manjur. Semoga dengan membaca artikel ini, anda akan terhindar dari darah tinggi.

0 Response to "5 Cara menurunkan tekanan darah tinggi tanpa obat yang manjur"

Post a Comment