5 Cara Mengatasi Insomnia secara Alami agar Cepat Tidur.

Cara mengatasi insomnia secara alami agar cepat tidur - Insomnia atau penyakit susah tidur adalah hal yang sering mengganggu seseorang secara umum. Insomnia kadang terjadi karena adanya stress atau bahkan pola hidup yang tidak teratur. Dalam jangka pendek mungkin tidak apa-apa bagi penderita insomnia, namun dalam jangka panjang tentunya akan bisa berbahaya bagi anda.



Seorang pengidap insomnia biasanya sulit tertidur pada waktu malam, tapi ia bangun terlalu awal di pagi hari. Ia sering terbangun di antara tidurnya di malam hari. seorang yang menderita insomnia juga seringkali merasa tidak segar saat ia bangun dari tidurnya, ia juga tidak bisa tidur walaupun tubuhnya sudah capek dan juga sulit berkonsultasi.

1. Daun Pegagan


Ambil daun pegagan sebanyak 2 lembar, kangkung segar sebanyak 3 potong, ½ sdm ketumbar, dan 1 sdt biji jintan putih. Semua bahan direbus bersama 2 gelas air, sehingga
airnya tersisa segelas. Setelah disaring, minum airnya menjelang tidur malam.

2. Daun putri malu


Daun putri malu atau daun penenang juga bisa digunakan sebagai salah satu obat untuk tera[i insomnia. Daun ini bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi, zat antiradang, anti implantasi, dan zat anti radang rematik.

Tanaman ini mengandung melatonin yang memiliki efek sedatif (penenang syaraf) dan efek relaksasi. Putri malu efektif untuk mengatasi insomnia secara alami. Ambil 33 gram daun putri malu, 35 gram daun calincing dan 20 gram daun sawi langit. Semua bahan direbus dengan dua gelas air. Biarkan airnya tersisa segelas, kemudian disaring. Minum airnya sebelum tidur malam, sebanyak 1 gelas.

3. Daun Teh Oolong


Ambil ampas daun teh oolong yang telah diseduh, lalu jemur hingga kering. Anda bisa menggunakannya sebagai bantal tidur untuk usir insomnia.

4. Teh pala


Teh pala bisa membantu untuk cara menghilangkan insomnia secara tradisional. Karena kandungan ini mengandung senyawa aromatik seperti myristicin, elimicin, dan safrile dengan jumlah 2-18% yang ada di dalam bunga pala dan sifat dari senyawa ini adalah sebagai perangsang tidur dengan dosis yang kurang dari jumlah 5 g. Sebaiknya jangan terlalu banyak mengonsumsi bunga pala karena akan membahayakan tubuh.

5. Bunga Adas


Buah adas mengandung minyak yang bisa dengan mudah menguap menjadi anetol dengan jumlah diatas 70-80% pinen, fenchon, limonen, estragol, 14-22 persen protein, dan 12-18,5% lemak. Selain itu buah pala ini juga mengandung kandungan senyawa flavonoid dan juga stimasterol sebagai salah satu zat antioksidan, antijamur, antibakteri, dan antivirus, serta memberikan efek menenangkan dibagian jaringan syaraf yang berhubungan langsung dengan kejiwaan.

Ambil 7 gram bunga adas, kemudian dicuci dan direbus bersama air bersih. Silahkan minum
airnya selagi hangat. Cara lainnya adalah dengan menumbuk buahnya, kemudian menyeduhnya bersama air hangat.



Sekian artikel mengenai "Cara mengatasi insomnia secara alami agar cepat tidur". Semoga bermanfaat bagi Anda yang mengalami gangguan susah tidur. Selamat mencoba !

0 Response to "5 Cara Mengatasi Insomnia secara Alami agar Cepat Tidur."

Post a Comment