5 Cara Mengobati Gusi Bengkak secara Alami

Cara mengobati gusi bengkak secara alami - Menderita gusi bengkak membuat kita menjadi tidak nyaman untuk menjalani aktivitas. Gusi bengkak biasanya terjadi akibat peradangan pada gusi tersebut yang disebabkan oleh bakteri. Selain itu gusi bengkak akan membuat anda menjadi susah untuk mengunyah makanan dan berbicara sekalipun.




Gusi yang bengkak akan menimbulkan rasa sakit yang terus-menerus dan memerlukan bantuan dokter gigi untuk mengatasinya. Tetapi Anda juga dapat mengatasi gusi yang bengkak dengan pengobatan tradisional rumahan yang alami. Gusi yang bengkak sangatlah menyiksa dan tentu membuat anda merasa tidak nyaman sepanjang hari. Gusi bengkak (Gingivitis) adalah peradangan dan infeksi pada jaringan gusi.

1. Garam


Garam merupakan cara mengatasi gusi bengkak dan sakit gigi yang paling ampuh. Garam mempunyai zat yang dapat membunuh bakteri yang terdapat pada gusi yang bengkak. Carany membuat obat buat gusi bengkak ini sangatlah mudah. Ambil satu sendok garam kemudia campurkan pada satu gelas air hangat. Aduk sampai rata, kemudian jadikan larutan tersebut untuk berkumur. Lakukan 2 sampai 3 kali kumuran sampai air larutan garam habis. Maka rasa sakit akibat gusi yang bengkak akan mereda.

2. Minyak Cengkeh


Minyak cengkeh sangat terkenal dengan obat untuk berbabagai macam masalah mulut seperti sakit gigi. Tak hanya itu, ternyata minyak cengkeh juga bermanfaat untuk mengobati gusi bengkak anda. Caranya sanagat mudah, cukup oleskan minyak cengkeh pada gusi anda yang bermasalah, sebaiknya gunakan 3 kali sehari setelah makan dan tetap gunakan sampai gusi anda sembuh.

3. Madu


Madu adalah bahan makanan yang memiliki banyak manfaat. Dalam madu terdapat zat yang bisa membuat pembengkakan menjadi reda. Apabila Anda akan menggunakan madu untuk mengatasi gusi bengkak Anda cukup mengoleskan madu tersebut pada bagian gusi yang sakit. Oleskan minimal 3 kali dalam sehari dan setelah itu Anda akan merasakan gusi yang bengkak akan sembuh. Anda harus memastikan madu yang digunakan adalah madu alami.


4. Bawang Merah


Bawang merah juga memiliki zat yang bisa meredakan pembengkakan. Anda cukup melembutkan bawang merah dan oleskan pada gusi yang sakit. Cara yang satu ini sangat ampuh. Tetapi banyak orang yang enggan untuk menggunakan cara ini karena tidak tahan dengan rasa dan bau dari bawang merah. Anda juga bisa mencampurkan bawang merah tersebut dengan garam.


5. Pijatan Gusi


Cara ini sangatlah mudah untuk anda lakukan, caranya cukup menggunakan jari telunjuk anda. Cara memijatnya cukup menggosok gusi anda secara melingkar secara halus dan perlahan. Jika terlalu sakit, anda juga bisa memijat dengan menyentuh pipi bagian gusi bengkak anda. Pastikan jari anda dalam keadaan bersih, sehingga tak membawa bakteri lain yang mudah menginfeksi mulut anda.

Demikian artikel mengenai 5 Cara mengobati gusi bengkak secara alami. Semoga bermanfaat untuk anda yang ingin mengobati gusi yang membengkak agar cepat sembuh.

0 Response to "5 Cara Mengobati Gusi Bengkak secara Alami"

Post a Comment