Gimana Sih Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Nyeri Haid ?

Cara menghilangkan nyeri haid? Gimana sih?! Bagi setiap wanita, nyeri haid merupakan salah satu nyeri yang cukup mengganggu aktivitas sehari-hari, karena itu dapat memperburuk suasana hati para wanita yang sedang dilanda haid. Dan bagaimanapun juga, kita sebagai wanita tidak dapat menghindari kedatangan nyeri haid tersebut. Oleh karena itu banyak diluaran sana yang menjual dengan bebas obat pereda sakit haid, dan terkadang juga ada sebagian wanita yang lebih menjahui cara instan dengan tidak memilih untuk tidak meminum obat pereda sakit haid.
Berikut akan kami sampaikan beberapa tips untuk mengatasi cara menghilangkan nyeri haid dengan tidak menggunakan obat anti nyeri, yaitu:
Air hangat
Ketika nyeri haid melanda, maka area perut akan terasa sangat tidak nyaman. Sarannya adalah dengan mengompres perut bawah dengan menggunakan handuk yang telah diberi air hangat dengan disertai memijat secara perlahan. Hal ini dapat mengurangi nyeri haid pada area perut bawah dan juga dapat membuat rileks.
Air dingin
Selain menggunakan air hangat, ternyata kita juga dapat menggunakan air dingin, caranya juga sama yaitu dengan menggunakan handuk yang telah diberi air dingin kemudian di kompres di bagian perut bawah. Namun jika menggunakan kompresan air dingin ini disarankan untuk tidak terlalu lama atau jangan sampai melebihi 30 menit.

Pemijatan
Ketika nyeri haid melanda maka seluruh area perut bawah akan terasa tidak nyaman, maka anda dapat juga melakukan pemijatan secara perlahan pada area perut bawah. Namun pijatan ini dilakukan dengan gerakan memutar searah dengan berputarnya arah jarum jam dan dengan tidak disertai tenaga yang terlalu keras. Pemijatan ini dapat juga menggunakan krim yang berguna untuk merelaksasi tubuh serta memberikan aromatherapy yang dapat menenangkan.
Minuman hangat
Meminum minuman hangat juga dapat membantu menghilangkan nyeri haid. Namun hindari minuman hangat yang mengandung alkohol, kafein dan juga gula yang tinggi, karena itu akan berdampak nyeri haid semakin parah. Dianjurkan untuk meminum minuman hangat dari bahan rempah seperti jamu, susu, madu, jahe, dan sebagainya.
Makanan yang baik
Tubuh akan terasa lemas ketika nyeri haid melanda, maka disarankan untuk tetap memakan makanan ringan yang rendah kalori, tidak berlemak dan tidak mengandung kadar gula yang tinggi. Disarankan untuk banyak memakan buah-buahan yang segar.
Mandi air hangat
Mandi dengan menggunakan air hangat dapat juga merelaksasi tubuh yang lemas dan mengurangi nyeri haid di sekitar perut bawah. Namun ingat, jangan terlalu lama mandi dengan menggunakan air hangat, secukupnya dan segeralah selesai mandi.

0 Response to "Gimana Sih Cara Mengatasi Dan Menghilangkan Nyeri Haid ?"

Post a Comment