6 Makanan yang Dilarang untuk Ibu hamil dan Menyusui

Makanan yang Dilarang untuk Ibu hamil dan Menyusui - Momen ketika ibu hamil atau menyusui merupakan saat-saat dimana seorang ibu diharuskan untuk menjaga pola makannya demi kesehatan sang ibu dan kandungannya atau yang baru lahir ke dunia. Pola makan yang salah ternyata dapat mengakibatkan hal buruk untuk sang ibu dan si anak. Baik efek secara langsung pada saat itu juga, maupun efek di masa yang akan datang. Maka dari itu, ibu hamil dan ibu menyusui perlu memperhatikan dan menjaga pola makan yang tepat serta perlu menghindari makanan yang tidak diperbolehkan atau dilarang.



Berikut merupakan beberapa makanan yang tidak diperbolehkan untuk ibu hamil dan ibu menyusui :

1. Ice Cream

Ibu hamil dilarang untuk mengkonsumsi ice cream karena dapat menyebabkan listeria. Selain masalah itu, ternyata dengan memakan ice krim juga bisa mengakibatkan kegemukan pada badan ibu hamil bahkan bisa menyebabkan semakin susahnya dalam persalinan.

2. Rokok dan alkohol 

Sudah menjadi hal yang mutlak bahwa rokok dan alkohol sangat tidak dianjurkan dan sangat berbahaya bagi ibu hamil karena justru akan menimbulkan banyak penyakit atau gangguan. Jika tetap dikonsumsi dalam jangka panjang, maka kemungkinan anak yang akan dilahirkanmengalami kecacatan fisik yang serius atau pun mentalnya juga akan mengalami kecacatan.

3. Telur mentah atau setengah matang 

Dokter telah menyebutkan bahwa seharusnya seorang ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi telur mentah atau setengah matang, karena dikhawatirkan dapat memicu terjangkitnya bakteri salmonela yang terdapat pada telur mentah atau pun setengah matang.

4. Sayuran mentah 

Sayuran mentah memang bagus untuk kesehatan seseorang, namun tidak akan berlaku untuk ibu yang hamil, karena dikhawatirkan akan meninggalkan pestisida dalam tubuh. Misalnya karedok atau lalapan dan lainnya.

5. Aneka jenis kerang 

Sebaiknya para ibu hamil perlu menghindari aneka jenis olahan kerang karena bisa menimbulkan keracunan pada janin. Tetapi Anda masih bisa mengkonsumsi kepiting, rajungan, udang dan yang lainnya tetapi masih dalam porsi yang wajar.

6. Makanan berkafein 

Semua jenis makanan berbahan kafein merupakan salah satu jenis makanan yang tidak diperbolehkan dan dilarang dikonsumsi saat hamil. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi hitam. Minuman ini dapat mempercepat detak jantung bagi ibu hamil dan anak yang ada di dalam kandungan.

Itulah "6 Makanan yang Dilarang untuk Ibu hamil dan Menyusui". Hindari makanan-makanan tersebut ketika anda sedang mengandung,karena mencegah lebih baik dari pada mengobatI. Semoga bermanfaat untuk anda.

0 Response to "6 Makanan yang Dilarang untuk Ibu hamil dan Menyusui"

Post a Comment