Menjaga Kualitas ASI dengan Menjaga Makanan Ibu Menyusui Demi Bayi Sehat dan Tumbuh Cerdas

Makanan ibu menyusui adalah salah satu poin yang harus diperhatikan untuk menjaga kualitas ASI. ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi yang baru lahir. ASI penting sekali diberikan kepada bayi karena ASI merupakan perlindungan terbaik yang bisa ibu berikan untuk bayi. Bukan hanya sebagai perlindungan terhadap berbagai jenis penyakit dan sebagai sumber nutrisi, ASI juga membuat hubungan ibu dan bayi menjadi semakin erat. Perlu diketahui bahwa ibu yang memberikan ASI eksklusif kepada bayinya akan memiliki ikatan batin yang kuat. Selain itu rasa sayang sang ibu kepada bayi juga akan semakin besar dari hari ke hari lewat pemberian ASI. Begitu juga dengan si bayi yang akan merasa diberi kenyamanan serta perlindungan lewat proses menyusui yang dilakukan oleh ibu.

Bayi baru lahir tentu belum bisa menerima asupan nutrisi lewat makanan yang ia konsumsi sendiri. Bayi yang baru lahir belum bisa memilih mana makanan yang baik dan buruk untuk tubuhnya. Padahal makanan sangat mempengaruhi pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh bayi. Nutrisi yang tercukupi dengan baik akan membantu bayi untuk tumbuh sehat dan kuat serta perkembangan otaknya bisa maksimal. Lalu darimana bayi bisa mendapatkan nutrisinya? Sudah dikatakan sebelumnya bahwa ASI adalah sumber nutrisi bagi bayi. Jadi bisa disimpulkan bahwa semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi bisa didapat dari sang ibu. Ibu menjadi sumber nutrisi bagi bayi. Maka dari itu sangatlah penting bagi seorang ibu untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuhnya sendiri dengan baik supaya ASI yang dihasilkan adalah ASI yang berkualitas.

Apa yang dimaksud dengan ASI berkualitas? ASI berkualitas adalah ASI yang memiliki kandungan nutrisi yang mampu memenuhi kebutuhan tubuh bayi. ASI yang berkualitas haruslah ASI yang bisa memenuhi kebutuhan bayi akan cairan dan membantu mendorong pertumbuhan serta perkembangan bayi. Selain karena kandungannya, ibu juga harus memperhatikan produksi ASI secara jumlahnya. Perlu diketahui bahwa bayi membutuhkan konsumsi ASI sebanyak 600 ml hingga 800 ml setiap harinya. Maka dari itu, supaya ibu bisa memenuhi kebutuhan bayi akan ASI tersebut, ibu menyusui harus mengonsumsi kalori tambahan sebanyak 500 kkal. Jumlah kalori tambahan ini bisa didapatkan dengan cara mengonsumsi lebih banyak makanan. Tapi tolong diingat bahwa bukan makanan sembarangan yang seharusnya dikonsumsi oleh ibu menyusui melainkan makanan berkualitas yang bergizi tinggi dan seimbang. Berikut ini makanan ibu menyusui yang bisa membantu memproduksi ASI berkualitas serta cukup untuk kebutuhan bayi.
Bagi anda ibu menyusui maka sudah seharusnya mulai sekarang mengubah pola makan anda menjadi pola makan sehat. Perbanyaklah konsumsi sayur-sayuran karena bahan makanan yang satu ini selain menyehatkan tubuh juga bisa membantu memperlancar produksi ASI. Pilihlah sayur yang mengandung vitamin c serta zat besi seperti bayam, daun katuk, atau kangkung. Daun katuk sepertinya sudah sangat dikenal oleh masyarakat luas sebagai bahan makanan pelancar ASI yang alami dan menyehatkan. Selain itu, anda juga bisa mengonsumsi daging serta ikan salmon sebagai sumber protein dan kalsium. Hindari mengonsumsi makanan cepat saji atau makanan instan selama anda masih harus memberikan ASI kepada bayi anda.

0 Response to "Menjaga Kualitas ASI dengan Menjaga Makanan Ibu Menyusui Demi Bayi Sehat dan Tumbuh Cerdas"

Post a Comment