Makanan Dan Minuman Yang Mengandung Kafein Tekanan Darah

Kafein tekanan darah adalah musuh bagi penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi. Hal ini karena kafein dapat membuat tekanan darah naik secara drastis. Oleh karena itu, para penderita hipertensi harus benar-benar menjauhi kefein jika tidak ingin membahayakan kesehatan, atau bahkan nyawanya. Berbicara tentang kafein, banyak orang bahwa kafein hanya terdapat pada kopi. Maka, para penderita hipertensi pun menghindari meminum kopi. Padahal, kafein terdapat pula pada jenis makanan atau minuman lain selain kopi. Berikut adalah makanan dan minuman yang mengandung kafein yang sebaiknya dihindari oleh penderita tekanan darah tinggi.

1.    Cokelat
Coklat dalam wujud olahan apa pun dipastikan mengandung kafein. Hal ini karena kafein ditemukan secara alami dalam biji kakao. Umumnya permen cokelat mengandung kafein kurang dari 10 miligram. Namun, makin gelap cokelatnya, makin tinggi pula kandungan cokelatnya dan tentu makin tinggi pula kafeinnya. Sementara itu, produk cokelat yang diperkaya dengan kafein tambahan, kandungan kafeinnya mencapai 60 miligram.
2.    Minuman Bersoda
Minuman bersoda termasuk ke dalam kategori minuman tidak sehat. Selain mengandung mengandung kafein, minuman ini juga mengandung kadar gula tinggi dan zat-zat lain yang tidak bagus untuk kesehatan.
3. Es krim
Para penderita tekanan darah tinggi juga harus mewaspadai kafein tekanan darah pada es krim. Sebab, banyak produk es krim yang memiliki rasa kopi dan cokelat. Produk sejenis ini kafein 30 hingga 45 miligram, hampir setara dengan  dengan sekaleng minuman bersoda.
4. Pil pereda nyeri
Dalam jumlah sedikit, kafein memang dapat mengurangi sakit kepala.  Namun, dalam jumlah besar, kafein akan berbahaya. Dan, untuk meringankan rasa sakit, pil pereda nyeri menggunakan kafein dalam jumlah besar. Ini tentu juga sangat berbahaya untuk para penderita tekanan darah tinggi.
5. Pil penurun berat badan
Pil penurut berat badan umumnya mengandung dalam jumlah yang besar. ConsumerLab pada tahun 2005 melakukan analisis terhadap dosis harian obat diet jenis tertentu. Dalam sebanyak 1.223 miligram obat diet tersebut, terkandung kafein yang hampir setara dengan kafein pada 12 cangkir kopi. Oleh karena itu, untuk menghindari agar tekanan darah tidak naik secara tajam, para penderita tekanan darah tinggi sebaiknya menghindari penggunaan pil penurun berat badan.
6. Minuman penambah energi
Sejumlah mereka minuman penambah energi dalam kemasan, terbukti mengandung kafein yang sama banyaknya dengan secangkir kopi.
7. Permen penyegar napas
Permen penyegar napas juga merupakan makanan yang mengandung kafein yang mesti dihindari oleh penderita hipertensi. Dalam 2 potong permen penyegar napas, terkandung kafein yang besarnya sama dengan kafein dalam secangkir kopi.

Ternyata kafein tidak hanya terdapat pada kopi. Banyak makanan dan minuman selain kopi yang juga mengandung kafein. Kerena kafein tekanan darah bisa membahayakan kesehatan para penderita tekanan darah tinggi, maka konsumsi jenis-jenis makanan dan minuman ini sebaiknya dibatasi atau dihindari sama sekali. 

0 Response to "Makanan Dan Minuman Yang Mengandung Kafein Tekanan Darah"

Post a Comment