Ketahui Posisi Menyusui Yang Benar Untuk Kenyamanan Anda Dan Bayi Saat Menyusui

Posisi menyusui yang benar akan menambah kenyamanan baik bagi ibu maupun bayi. Kita tahu bahwa menyusui adalah satu-satunya jalan bagi bayi untuk mendapat kekuatan dan nutrisi. Menyusui juga merupakan sebuah proses ajaib yang dilakukan untuk mempererat hubungan antara ibu dan bayi. Menyusui bukan hanya proses menyalurkan ASI atau air susu ibu dari ibu kepada anak tetapi lebih dari itu. Dengan menyusui, jalinan batin antara ibu dan anak akan lebih kuat dan membuat si anak nyaman berada di pelukan ibunya. Kita tahu bahwa bayi yang baru saja terlahir belum bisa berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di sekitar termasuk dengan ibunya sendiri. Di sinilah proses menyusui menjadi salah satu jalan komunikasi yang membuat ibu dan bayi menjadi semakin dekat. Dalam proses ini pula bayi bisa merasakan kehangatan sentuhan dari ibunya dan mendapatkan perlindungan berupa air susu ibu.

Bukan hanya bagi si bayi, proses menyusui juga sangat berarti untuk ibu. Terbukti ibu yang menyusui bayinya merasakan kepuasan batin dan kenyamanan saat bisa memberikan ASI untuk bayinya sendiri. Rasa puas dan nyaman yang didapatkan oleh ibu ini tidak bisa didapatkan oleh siapapun karena hanya si ibulah yang akan merasakan bagaimana puasnya bisa menyusui bayinya. Maka dari itu, pada beberapa kasus ada ibu yang tidak bisa menyusui bayinya karena beberapa kondisi seperti ASI yang tidak keluar contohnya. Berbagai jenis usaha akan dilakukan demi membuat ASI bisa keluar dengan lancar dan bayi bisa menyusu pada ibunya. Semua ini dilakukan supaya si bayi bisa mendapat nutrisi yang optimal dan hubungan antara ibu dan bayi bisa terjalin lebih dekat.
ASI sendiri memiliki berbagai macam manfaat bagi tubuh bayi. Diketahui bahwa pemberian ASI pada bayi bisa meningkatkan kesempatan hidup sang bayi. ASI sendiri mengandung kolostrum yang diketahui di dalamnya terdapat anti bakteri juga antivirus. Inilah mengapa ASI berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh bayi dan melindungi bayi dari berbagai jenis penyakit. Dalam pertumbuhan dan perkembangannya, bayi yang mendapatkan ASI memiliki perkembangan fisik juga mental yang jauh lebih baik daripada bayi yang tidak mendapatkan ASI. Selain itu, bayi yang mendapatkan ASI memiliki kemungkinan obesitas yang jauh lebih rendah daripada bayi yang tidak mendapat ASI. Dalam keadaan sakit ASI juga sangat bermanfaat. ASI diketahui bisa membantu mempercepat anak yang sedang sakit. Yang paling utama dan paling penting adalah, ASI membuat bayi terhindar dari keadaan kekurangan cairan atau yang lebih dikenal dengan sebutan dehidrasi.

Beragam manfaat ASI ini membuat ibu menjadi semangat untuk memberikan ASI untuk bayi mereka. Akan tetapi, menyusui sendiri ternyata tidak mudah untuk dilakukan. Ada banyak hal yang akan mempengaruhi berhasil atau tidaknya proses menyususi salah satunya adalah posisi menyusui. Posisi tentu menjadi salah satu faktor yang akan mempengaruhi tingkat kenyamanan ibu dan bayi saat proses menyusui. Jika ibu dan bayi dalam posisi yang salah dan tidak nyaman maka bisa menyebabkan bayi menjadi gelisah dan enggan menyusu. Oleh karena itu, semua ibu menyusui sebaiknya tahu dan paham benar mengenai posisi menyusui yang benar supaya bayi merasa nyaman dan mau menyusui. Bukan hanya untuk si bayi, posisi menyusui yang benar juga akan membuat ibu merasa nyaman sehingga produksi ASI menjadi lancar.

0 Response to "Ketahui Posisi Menyusui Yang Benar Untuk Kenyamanan Anda Dan Bayi Saat Menyusui"

Post a Comment